AMETHYST HISTORY/ SEJARAH KECUBUNG


Bapa mineral Gregoius Agricola bukan orang pertama yang menemukan keindahan Amethyst yang kaya akan sejarah, mitos dan legenda. Tapi sebelum-sebelumnya sudah banyak cerita mengenai Amethyst ini.



Amethyst berasal dari huruf Yunani yang berarti tidak mabuk. Menurut legendanya, seorang  Dewa Anggur Dionysus atau lebih di kenal Bacchus pada jaman Romawi, dalam keadaan mabuknya berkata, barang siapa yang masuk pertama kali ke pintu gerbang ini akan di makan singa. Selang tak berapa lam masuk dewi Diana, wanita yang di cintai Dionysus, dan untuk menyelamatkan dirinya, Diana merubah dirinya sendiri patung. Sehingga sangat sedihlah hati Dionysus, lalu Ada yang bilang batu itu dituangi wine sehingga menjadi ungu, ada yang bilang batu itu terkena air mata Dionysus sehingga menjadi ungu.



 
Menurut sejarahnya batu ini di berikan Musa kepada Harun yang mana pada waktu itu adalah pemimpin agama tertinggi di Israel dibawah Musa, karena amethyst melambangkan spirit of God. Makanya Amethyst di kenal dengan 'Bishop Stone' dan di pakai oleh para pastor Katolik di jari kedua tangan kanan sebagai simbol kesalehan, kemanusian, kerohanian, dan kekudusan.



Di pakai dalam mahkota kerajaan Inggris karena merupakan simbol kemakmuran dan kesejahteraan.Dan Ratu Charllote isteri dari Raja Georgeus III dari Inggeris mengenakannya sebagai kalung. 




 
Bangsawan Mesir memakainya untuk pemujaan. Karena di percaya sebagai batu pelindung. melindungi dari penyihir, pikiran negatif seperti perasaan bersalah dan takut, dan marabahaya. 





 Pliny The Elder yang di kenal sbg orang pertama yang membuat ensiklopedia mengatakan bahwa Amethyst dapat menangkal santet .








Catherine the Great Russians memakainya, bahkan menyebarkan orang-orangnya ke seluruh dunia untuk mencari batu ini.

 




 
Amethyst juga di temukan di  Aztec burial sites.






 Leonardo Da vin ci berkata "Amethyst holds the power to dissipate evil thoughts and quicken one's intelligence." Artinya amethyst memiliki kekuatan untuk menyingkirkan pikiran jahat dan meningkatkan kecerdasan seseorang.
 


 
Amytheist dlm beberapa culture dikatakan dapat melindungi hasil panen dari hama belalang dan gulma, membawa keberuntungan dalam perang dan perburuan, mengusir roh jahat, memberikan inspirasi kpd para intelektual.

1 comment: