WARNA SAPPHIRE atau BATU BIRU








   Ternyata Safir tidak hanya berwarna biru saja. Tapi juga ada warna-warna lain seperti warna hitam, abu-abu, hijau, kuning, kecuali merah, yang mana di sebut dengan Ruby, dan warna Pink ke-jingga-jingga-an yang di sebut dengan padparadscha. Bahkan ada Safir yang tidak berwarna.





royal blue



=================================================================================


 Warna langka yang lain dalam Safir adalah warna yang bisa berubah ketika terkena sinar. Warna biru bisa berubah menjadi warna ungu ketika berada dalam ruangan. Warna Pink bisa berubah menjadi warna hijau di dalam ruangan. Dan kebanyakan di temukan di Tanzania.
 



================================================================================= 



 
 Mineral lain seperti  iron, titanium, chromium, copper or magnesium-lah inilah yang bisa menimbulkan warna corundum menjadi biru, kuning, pink, ungu, jingga atau warna kehijauan. Bila Corundum bercampur dengan mineral seperti chromium, maka kristal di sebut dengan Ruby.





 =================================================================================






Walaupun warna pada batu Safir bisa berubah bila di panaskan (di panaskan untuk mendapatkan warna yang lebih bagus, sehingga meningkatkan value dari batu tersebut), tetapi untuk pemakaian sehari-hari, warna tidak akan berubah.



=================================================================================




Warna Biru pada Safir memiliki Hue atau bayangan ungu, violet dan hijau. Yang mana Safir dengan bayangan ungu dan violet memiliki nilai lebih, dan di sebut dgn royal blue bila memiliki 15% bila memiliki  bayangan ungu atau violet dan 85% warna biru. 
Bila di bawah 10% disebut dengan cornflower blue. 
Sedangkan bayangan hijau akan mengurangi nilainya, karena mengurangi  brightness atau kilauan dari warna Safir.


 
 =================================================================================

Safir dengan tone Medium adalah warna Safir yang paling di minati dan berharga. Jadi warna birunya tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang (biasanya di pengaruhi oleh bayangan coklat dan hijau).



=================================================================================

 Clarity dengan standar eye clean karena memiliki kejernihan yang lebih baik dari Ruby.

=================================================================================

Warna sangat penting dalam GEM, karena kebanyakan dari kita membeli batu berharga ini adalah warnanya yang indah, lalu model potongan-nya setelah itu baru Ukurannya

=================================================================================
 


 

Ada 3 hal yang berhubungan dengan warna dalam Gem atau Batuan Berharga, yaitu:
  • Hue, yang di kenal dengan warna dalam Gem.
  • Saturation, berhubungan dengan brightness dan vividness dari warna Kristal tersebut.
  • Tone, adalah gradasi warna dari Kristal tersebut dari terang-light ke gelap-dark.
  • Clarity atau kejernihan yang di pengaruhi oleh inclusion(bintik/noda/goresan dlm batu karena adanya mineral lain)



========================================================================

Contoh-contoh penilaian Safir:


Memiliki Clarity yang poor yang akan mengurangi nilainya. Batunya tidak transparant sehingga tidak memantulkan kilauan alias butek. Tapi memiliki tone warna biru yang bagus, dan berukuran besar. Batu ini bisa sangat berharga, tapi....... warnanya....
 



 
 



Memiliki clarity very poor dengan tone warna yang gelap alias biru tua, yang merupakan warna plg tidak di minati dan di hargai dalam safir. Hal ini menjadikan Safir ini berkualitas rendah alias lower value alias murah.
 


 
Cincin ini biasa di temukan di toko perhiasan, dengan clarity yang lumayan sehingga kita bisa melihat kedalam batu, walaupun memiliki beberapa inclusion dan memiliki warna too dark dengan potongan yang tidak proposional. Perhiasan ini memiliki quality yg lumayan alias medium value.
 


 Safir kedua yang sering di temukan di toko. Warna terlalu gelap, clarity poor, potongan terlalu luas dan rendah. Ditambah ukurannya yang kecil, di kategorikan low value.




 





Warna yang langka dan berharga dalam Safir di sebut dengan padparascha. Bagian yang terbaik adalah warnanya yang intense dan menarik. Clarity, Lumayan jernih untuk ukuran Safir walaupun ada sedikit inclusion, potongannya tidak sempurna tapi masih memancarkan kilauan. Ini di kategorikan very valuable Safir.


 




Contoh potongan yang teribble cut, dengan fish eye (dipotong terlalu rendah dan lebar). Warna Ok, Clarity bagus, tapi pemotongannya menjadikannya tidak terlalu berharga.











Ukuran kecil, dengan clarity yang terrible mendekati opaque. Cuttingnya 'fish eye', warnanya ada yang mendekati hitam. Contoh Kualitas yang plg rendah.






 



Wow..., warnanya tepat, clarity eye clean, salah satu yang terbaik, walaupun potongan tidak terlalu sempurna tapi masih memantulkan kilauan yang indah.




 

 Amazing ... dengan warna biru yang terang dan dalam di sebut cornflower. Walaupun ada sedikit inclusion tetapi tertutup dengan kilauan-nya. Potongan di kategorikan good cut. Dengan ukuran 5 karat, harga-nya bisa mencapai ribuan dollar. Menjadikannya High Value
 


Contoh Well cut dengan Warna yang indah dan sangat jernih. Bila ketemu yang seperti ini dengan harga dlm jangkauan di beli.
 




Warna yang indah walau agak sedikit ungu dan clarity eye clean serta besar. Sayang cutting-nya tidak proposional dan eye fish.



 

Contoh poor clarity dengan banyak inclusion yang mengurani value-nya. Warnanya too pale. Dan bagian yang terburuk adalah cutting-nya yang sloppy alias tidak proposional alias mediocre cut

Clarity perfect, warnanya too grey.




 


 

Contoh High quality blue safir. Clarity outstanding, Cutting excelent, colour nice blue





  





Warna kuning keemasan yang langka. 
Cutting agak sloppy,
 Clarity lumayan walaupun ada sedikit inclusion.
 Model cutting = princess shape.









Fine yellow safir, yang menjadikannya berharga adalah warnanya dengan clarity dan cutting yang lumayan







6 comments:

  1. wah ngga aga referensi harga nih

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Saya punya batu sapphire yang bisa berubah ubah warna dari biru muda menjadi ungu ukuran besar, barang simpanan lama sejak tahun 1970an (peninggalan kakek) silahkam hubungi saya di 0 8 1 1 2 1 6 4 7 6 (TELKOMSEL)

    Foto/video bisa saya kirim lewat BBM atau facebook

    ReplyDelete
  5. BATU ANEH TAPI NYATA..!!
    (Batu permata BLUE SAPPHIRE COLOR CHANGE terbesar di dunia, belum ada tandingannya!)

    NATURAL BLUE SAPPHIRE COLOR CHANGE ( Blue to Dark Purple ) BIG SIZE..!! Jenis langka yang dapat berubah warna dari biru muda menjadi ungu tua/violet/dark purple
    Ukuran raksasa (sebesar kepalan tangan)
    Peninggalan lama sejak tahun 1970an
    Minat silahkan datang! HP: 0811216476 (TELKOMSEL)

    Untuk melihat VIDEO nya silahkan KLIK: http://youtu.be/pqOH1CGNOzU

    ReplyDelete