Bentuk-bentuk Permata

Bentuk gemstone sangat bergantung dari rough gemstone atau gemstone yang kasar. Sebuah batu dapat di potong menjadi berbagai macam bentuk. Banyak gemstone yang terkenal di potong ulang sesuai dengan mode yang sedang in untuk semakain memperindah penampilan dan keindahannya.
Pembentukan batu di sesuaikan dengan design, bentuk permukaan batu, proportions dan penyelesaiannya.
Gemstone sering kali di potong dalam bentuk umum seperti oval, emerald, pear, round, heart dan marquise. Padahal gemstone dapat di potong dalam bentuk apa saja.

Beberapa  tipe pemotongan yang biasa di kenal dalam gemstone:



    Trilliant Cut
Berbentuk segitiga, kadang-kadang di sebut dengan trilion atau trilian.
Terdiri dari 2 variasi, dengan lengkungan dan tidak dengan lengkungan. Biasanya terdiri dari 43 atau lebih permukaan. Karena sama sisi, bentuk Trilliant memantulkan cahaya dan warna sama ke mata.






   Baguette Cut
Baguette Cut adalah satu dari bentuk pertama dan sederhana utk membentuk permata.
Intan dgn bentuk Baguette biasanya lebih awet.



  Half-Moon Shape
Berbentuk setengah lingkaran, karena berasal dari permata yang berbentuk oval atau bulat pecah.
Bentuk half moon yang sempurna akan memancarkan terang dan kilau dari akhir ke akhir. Bentuk ini lagi populer untuk di jadikan cincin.


Hexagon Cut

Bentuk Hexagon adalah poligon yg memiliki 6 sisi di ujungnya dan 6 sisi vertikal, yang memiliki tampilan unik.
 Jumlah sudut hexagon adalah 720 derajat.






Checkerboard Cut

Bentuk Checkerboard adalah bentuk dengan permukaan yang memiliki banyak segiempat.
Bentuk ini menciptakan kilauan yang amazing. Biasanya di gunakan untuk permata garnet, topaz, citrine dan amethysts atau permata dengan kelas semi precious.






Rose Cut
Berbagai macam bentuk Rose telah di digunakan sejak abad pertengahan 16.
Bentuk Rose adalah variasi dari cabochon, yang mana bidang yang rata di polish menjadi melengkung seperti bentuk cabochon. Bentuk Rose, jarang di lihat sekarang ini, selain di toko perhiasan antik.



Cabochon Cut
 
Bentuk Cabochon adalah bulat di bagian atas dan rata di bagian bawah. Bentuk Cabochon merupakan metode dan bentuk yang paling kuno dalam cutting gemstone.
Chrysoberyl kuning-hijau, coklau-kuning ketika di potong Cabochon memperlihatkan mobile streak yang di sebut cymophane atau Cat's eye. Selainitu safir bintang dan ruby bintang juga di potong model ini.



Step Cut or Emerald cut

Bentuk Step mempunyai pemukaan seperti tangga. Bentuk emerald mempunyai kemiringan, di sekeliling permukaannya. Emerald cut tidak seterang brilliant cut, tetapi lebih menonjolkan kejernihan, kilauan asli dari permata tersebut.




Mixed Cut

Mixed cut sering digunakan untuk permata Ruby, safir, dan permata berwarna lainnya. Mixed cut merupakan gabungan dari briliant cut dengan emerald cut. Mixed cut berusaha menggabungkan keindahan dari emerald cut dengan sparkle dari brilliant cut.



 Brilliant Cut

Bentuk ini mengambil bagian terbaik optical dari batu tersebut dan menghasilakn perhiasan dengan max fire dan brilliancy.
Bentuk ini paling laku dan populer di bandingkan dengan bentuk lain.

Brilliants cut terdiri dari:



Marquise CutOval Shaped 


 




Pear ShapedHeart Shaped 

















Princess Cut Cushion Cut












Round BrilliantAsscher Cut












Radiant Cut








Pemotongan dapat mengeluarkan kualitas terbaik optik dari batu tersebut, yang mana hal itu tergantung dari keahlian dari pengerjanya.
Pemotongan tidak terlalu mempengaruhi harga dari gemstone, tetapi pemotongan mempengaruhi
  • Kedalaman warna yang terlihat.
  • Dimensi dari gemstone.
  • Keindahan penampilan dari gemstone. 
 Yang mana ketiga hal ini berpengaruh pada harga dari gemstone.


Gemstone dengan warna yang bagus dapat semakin bagus bila di potong dengan baik. Tetapi potongan yang poor, dapat mengunci warna dan kilauannya. Potongan yang baik bahkan memperlihat warna yang semakin terang, sehingga  inclusion yang terlihat semakin sedikit, good brilliance dan carat yang terlihat berat ketika di lihat dari permukaan.

Contoh bentuk lain dari gemstone:































Contoh Bentuk unik lainya:














 









No comments:

Post a Comment