Arti Opal

Arti dan asal kata Opal:

Kata Opal muncul pertama kali pada tahun 250 BC dari perbendaharaan bahasa Roman yaitu Opalus (to see a change) yang berarti melihat perubahan, yang mana pada saat itu Opal adalah batu yang paling berharga di antara batu-batu berharga yang lainnya.

Bahasa Indonesia yaitu Batu Kalimaya yang artinya batu anak manja yang paling di sayangi, jarang keluar rumah, dan takut kepanasan, tidak mau di beri banyak minyak, sangat suka keluar di malam hari dan hari-hari penting saja

Bahasa Sanskrit yaitu Upala yang artinya Batu Berharga.

Bahasa Yunani Kuno yaitu Opthalmios (eyes stone), yang artinya mata batu.

Bahasa Latin yaitu Opalus atau Ops, yang artinya istri dari dewa Saturn dan merupakan dewi kesuburan..








Simbol:


Keberuntungan

Kesuksesan

Happiness

Confidence atau percaya diri

Prayer

Pengharapan dan Purity

Innocence

Prayer

Cinta yang lembut

Keberuntungan

Kesetian







Sejarah:

Sejarah secara umum : Opal di hubungkan dengan keberuntungan dan membawa kesuksesan dan kebahagian ketika di pakai.

Ancient Greek : Opal membantu meningkatkan kekuatan dari ramalan atau prophecy.

Ancient Roma : Opal merupakan simbol dari pengharapan dan purity atau kesucian.Orang Roma bahkan memakainya sebagai jimat untuk melindungi diri dari bahaya.  
Senator Roma yang bernama Nonius, memiliki opal yang cantik, yang ingin di beli Mark Anthony untuk di berikan kepada Cleopatra, dan bila dia tidak mau menjualnya dia akan di hukum mati. Akhirnya dia memilih di hukum mati daripada berpisah dengan batu opal kesayangannya. Karena tidak tega, akhirnya Nonius hanya di buang.

Onomacritus (500BC) : Compiler dan forger of oracles, berkata "The delicated colors and  tenderness, remaind one of the beloving child" Karena pada saat orang Romawi suka membandingkan keindahan warna dari opal dengan anak yang mereka kasihi.

Ancient Arabians: Opal jatuh dari surga dan di percaya dapat melindungi dari petir.

Shakespeare : 'Thy mind is very opal', artinya suka berubaha pikiran seperti opal yang sering berubah warna

Middle Ages : Membawa keberuntungan yang besar karena di percaya melambangkan warna yang ada di setiap gemstone berserta manfaatnya. Opal juga memiliki kekuatan gaib yang tidak terlihat bila di bungkus dengan daun salam dan di genggam dengan tangan. Opal di pakai sebagai jimat karena memiliki kekuatan gaib, seperti menghilang ketika orang memakai opal atau memberikan mimpi.

Walter Scott's 1829: Dalam novelnya seorang peramal opal dengan kekuatan gaibnya, ketika air suci jatuh ke peramal tersebut, opal menjadi tidak berwarna dan Baroness meninggal setelahnya. Sehingga opal mulai di hubungkan dengan bad luck dan kematian. Dan membuat reputasi opal jatuh, sehingga penjualannya di pasar Eropa menurun hingga 50 % selama 20 tahun.

Awal abad 20 : Seorang Rusian sejak melihat Opal di antara barang-barang lain yang akan di jual, membuatnya tidak bisa membeli sesuatu barang, semenjak itu opal di percaya sebagai mata setan.

Pliny : Opals combined all the best characteristics of all the world's most beautiful gems - Opal adalah gabungan karakter terbaik dari semua permata di dunia.

Sebelumnya opal sangat langka sampai di pertengahan tahun 1800, dimana opals mulai masuk dalam dunia fashion dan sangat terkenal.

Art Deco Period: Opals makin meningkat popularitasnya, karena banyak artis kontemporer, mulai menggunakan opals dalam pekerjaan mereka.

Aboriginies (Australia): Mempercayai bahwa Sang Pencipta mereka datang ke bumi dan menginjak kaki-Nya ke bumi dan meninggalkan jejak berupa opal.

Orang cina mempercayai bahwa Opal merupakan 'anchor stone of hope' atau batu pengharapan.

Andamooka (Australia): Opal merupakan fire of dessert. Api Gurun Pasir

Ancient India : Mempercayai bahwa ibu dari segala dewi mengubah dewi pelangi menjadi opal, sebab dilecehkan oleh dewa lain seperti Wisnu.

Fire Mountain Gems: "The gemstone has been associated with the sacral chakra, imbalances of which can cause problems with addictions. Some believe that opal can help moderate and harmonize sexual desires." - Permata selalu di hubungkan dengan sacral chakra, menyeimbangkan sesuatu masalah yang menimbulkan efek samping. Beberapa percaya opal dapat membantu meningkatkan dan mengharmoniskan keinginan seksual.

U.S Geological : Mengatakan bahwa opal telah di pergunakan semenjak jaman purbakala. Opal di pakai oleh suku Maya dan Aztecs di Amerika tengah dan Mexico untuk perlengkapan ibadah.

Abad 19 : Mulai ada gosip bahwa opal membawa ketidak beruntungan, memakai opal kalau bukan The owner's birthstone.

Ancient Legend : Dewa Petir iri kepada keindahan warna dari dewa pelangi dan menyambar dewi pelangi dengan petirnya. Sehingga beberapa serpihan dari dewi pelangi jatuh ke bumi dan mengeras menjadi opal.

Suku Shamans : di Amerika utara dan Austalia, menggunakan opal sebagai perlengkapan ibadah untuk meningkatkan vision dan dreams.

Australia : 27 Juli 1993, Opal merupakan permata nasional Australia.


 
 




No comments:

Post a Comment